RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
TEMATIK TERPADU
Satuan Pendidikan : MI
Al-IrsyadAl-Islamiyah
Kelas / Semester : IV / 1
Tema : 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema : 1. Hewan dan Tumbuhan diLingkungan Rumahku
Pembelajaran ke : 5
Alokasi Waktu : 1 Hari (7 x 35menit)
A.
KompetensiInti
KI 1
|
:
|
Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba (mendengarkan, melihat,
membaca) serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B.
Kompetensi
Dasar
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya,
gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan gurudan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
IPA
3.1
Menjelaskan bentuk luar
tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya
4.1
Menuliskan hasil pengamatan
tentang bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya.
C.
Indikator
Bahasa Indonesia
3.1.1 Menggali informasi dari teks laporan pengamatan tentang fungsi
tumbuhan.
IPA
3.1.1 Menyimpulkan tentang fungsi batang pada
tumbuhan.
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah melakukan
percobaan, siswa mampu menyimpulkan fungsi batang pada tumbuhandengan benar.
2.
Dengan berdiskusi, siswa
mampu menggali informasi dari teks laporan pengamatantentang fungsi tumbuhan
dengan benar.
E.
Materi
Pembelajaran
Bahasa Indonesia : Membuat laporan percobaan.
IPA : Bagian-bagian
batang dan fungsinya.
F.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Motode : Diskusi, Penugasan,
Taya Jawab, Ceramah dan Demontrasi.
Model : Kooperatif
G.
Kegiatan Pembelajaran
Fase
|
Langkah
Pembelajaran
|
Karakter
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
|
Membuka Kegiatan Pembelajaran
1.
Guru membuka kegiatan
pembelajaran dengan do’a dan salam.
2.
Siswa berdo’a menurut agama dan
keyakinan masing-masing.
3.
Guru melakukan absensi kelas.
Apersepsi
4. Guru
mengajak siswa menyanyikan lagu anak-anak yang berjudul ‘Naik-naik Kepuncak
Gunung’ kemudian memancing pertanyaan mengaitkan lagu tersebut yang
dihubungkan dengan materi yang akan dibahas.
5.
![]()
6.
Guru memberikan
penjelasan tentang materi yang akan diajarkan. (Fase Menalar)
7.
Guru meminta siswa untuk
membaca bacaan. (Fase Menalar)
8.
Siswa mulai membaca teks
bacaan secara individu. (Fase Mencoba).
9. Siswa
dibagi menjadi 3 kelompok dengan fokus pengamatan sesuai buku siswa. ( Fase Mengamati )
10. Sebelum kegiatan percobaan dilakukan, siswa menuliskan
hipotesismereka.(Fase Mencoba)
11. Siswa mendiskusikan hipotesis mereka secara berpasangan
danmenjelaskan alasan mengapa mereka membuat hipotesis tersebut. (Fase
Menalar)
12. Siswa diingatkan untuk disiplin dalam melakukan percobaan
dan berhati hati dengan bahan pewarna.(Fase Mencoba)
13. Siswa melakukan percobaan yang sudah dijelaskan oleh guru.
(Fase Mencoba)
14. Setelah selesai melakukan percobaan siswa diminta menukarkan
hasil percobaan secara berpasangan. (Fase Mengomunikasikan)
15. Kemudian siswa membuat catatatan tentang hasil percobaan pada
kolom yang sudah disediakan.(Fase Mengomunikasikan)
|
Religius
Santun
Disiplin,
Tanggung Jawab,
Teliti.
Disiplin, Teliti
Kerjasama, tanggung jawab
Disiplin, Tanggung Jawab,Ingin
Tahu, Antusias
teliti, Tanggung Jawab
|
15 menit
20 Menit
20 Menit
10
Menit
40 Menit
60 Menit
30 Menit
25 Menit
|
Kegiatan penutup
|
16. Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran. ( Fase
Menyimpulkan)
17. Guru bersama siswa
melakukan kegiatan refleksi tentang pembelajaran hari ini.
18. Guru memberikan pesan moral “ Menjaga tumbuhan dan hewan
yang ada disekitar kita”.
19. Guru menutup pelajaran dengan doa dan salam.
|
Tanggung Jawab, disiplin
religius
|
20 Menit
|
H.
Sumber
Belajar Dan Media
·
Sumber :
2013.
Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013 Buku Guru SD/MI Kelas IV
Tema Hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku . Jakarta :Kemendikbud Republik Indonesia
_.
2013. Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas
IV Tema Hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku. Jakarta :Kemendikbud Republik Indonesia
·
Media
-
Tumbuhan (Konkrit)
-
Gelas Plastik
-
Air
-
Pewarna
I.
Penilaian
1.
Prosedur Penilaian
a. Penilain
Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar .
2.
Instrumen Penilaian
a. Penilaian
Proses
1) Penilaian
Sikap
2) Penilaian
Keterampilan (Kinerja)
b. Penilaian
Hasil Belajar (Pengetahuan)
1)
Esai atau uraian
2)
LKS
Madiun,
9 Oktober 2014
Mengetahui
Guru Pamong Mahasiswa
QurotulFitriani, S.Pd Sri
Wahyuni Nur Fadyah
NIP
:
. . . NIM
: 11
141 298
Lampiran
1


BAGIAN-BAGIAN BATANG
DAN FUNGSINYA
Batang merupakan tubuh tumbuhan yang
sangat penting, berbentuk panjang bulat seperti silinder. Arah tumbuh batang
biasanya ke atas menuju cahaya matahari.
Fungsi batang ada tiga. Batang
berfungsi sebagai alat penompang tubuh tumbuhan yang memungkinkan daun mudah
mendapatkan cahaya. Hal tersebut seiring dengan pertumbuhan batang yang ke
atas. Batang berfungsi sebagai tempatpenyimpanan cadangan makanan , misalnya
pada umbi batang seperti kentang, tebu, dan sagu. Batang juga berfungsi untuk
alat transportasi tumbuhan. Oleh karena itu, terdapat pembuluh pengangkut pada
batang berupa xilem dan floem
Proses masuknya air dan zat hara
dari akar menuju batang yaitu secara kapilaritas. Kapilaritas merupakan proses
naiknya air dan unsur hara ke atas untuk diedarkan ke seluruh tubuh tumbuhan.
Hal tersebut dapat terjadi karena pada batang terdapat lubang-lubang
kecilmemanjang
PEMBULUH PENGANGKUT
PADA BATANG
1. Floem
atau pembuluh tapis, bertugas mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke
seluruh bahagian tubuh tumbuhan.
2. Xilem
atau pembuluh kayu, berfungsi untuk mengangkut air dan mineral yang diserap
oleh akar menuju daun.
JENIS-JENIS BATANG
Tidak semua batang tanaman memiliki
kambium. Tanaman yang memiliki batang berkambium adalah batang berkayu seperti
pohon jati dan pohon mangga. Tanaman yang batangnya tidak berkambium, misalnya
pohon pisang dan rumput-rumputan seperti padi. Pada tumbuhan berkambium, setiap
tahun akan tumbuh kambium membentuk xilem dan floembaru sehingga diameter
batang bertambah besar. Tiap tahun akan muncul satu lingkaran dan banyaknya
lingkaran pada batang menunjukan umur pohon.
Lampiran 2

Alat dan Bahan :
1. Tumbuhan
seledri, bayam atau pacar air.
2. Gelas
bening.
3. Air
secukupnya.
4. Pewarna
makanan.
5. Spidol.
Langkah Kerja :
1. Potonglah
akar tanaman yang sudah kamu siapkan, lalu bersihkan batangnya.
2. Isilah
air dalam gelas bening setinggi 5 cm, kemudian campur dengan pewarna makanan.
3. Tandailah
tinggi air dengan spidol
4. Celupkan
batang tanaman tersebut ke dalam gelas.
5. Diamkan
selama 30 menit sampai 1 jam, lalu amati apa yang terjadi.
6. Perhatikan
warna batang dan tulang daun tanaman. Tulislah dalam tabel berikut!
No
|
Bagian tumbuhan
|
Warna mula-mula
|
Warna setelah dicelup
|
1.
|
Batang
|
|
|
2.
|
cabang
|
|
|
3.
|
tulang daun
|
|
|
7. Setelah
30 menit, tandailah tinggi air. Perhatikan apakah tinggi air berkurang
8. Potong
di beberapa bagian batang, amatilah warna di dalam batang.
9. Setelah
melakukan percobaan di atas, jawablah pertanyaan berikut;
Ø
Apakah fungsi zat warna
pada kegiatan ini?
Ø
Apa yang terjadi pada warna
tanaman setelah dibiarkan selama 30 menit?
Ø
Apa jumlah air di dalam
gelas mengalami perubahan? Mengapa?
Ø
Mengapa hal tersebut dapat
terjadi?
Ø Apa yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan ini?
Tuliskan
kesimpulanmu dari kegiatan di atas
Secara berpasangan, tukarkan laporanmu dengan teman. Ajukan pertanyaan
untuk menggali lebih jauh tentang hasil percobaan tersebut. Berikan catatan
tentang laporan temanmu pada kolom yang terdapat pada buku temanmu.

Lampiran 3

I.Berilah tanda (X) untuk jawaban yang benar!
1. Dibawah ini
yang bukan merupakan fungsi batang adalah. . . .
a. alat
Transportasi
b. penompang
tumbuhan
c. cadangan
makanan
d. tempat
tumbuhnya akar
2. Bagian luar
batang disebut. . . .
a. kayu
b. kambium
c. kapas
d. daun
3. Lapisan
licin dan berlendir pada bagian batang disebut. . . .
a. kayu
b. kambium
c. daun
d. akar
4.
Kambium hanya dimiliki oleh jenis
batang . . . .
a. basah b. berkayu c. Rumput d. Keras
5.
Batang pada tanaman ubi jalar
berfungsi sebagai. . . .
a.
menyimpan makanan
b.
memperkokoh tumbuhan
c.
menyerap air
d.
penyimpan kambium
6.
Floem atau pembuluh tapis berfungsi
sebagai. . . .
a.
mengangkut hasil fotosintesis
b.
membuat makanan
c.
memperkokoh tumbuhan
d.
menyerap air dari akar ke batang
7.
Tanaman dibawah ini bukan yang
memiliki kambium. . . .
a.
jati
b.
jambu
c.
mangga
d.
padi
8. Tiap
tahun akan muncul satu lingkaran dan banyaknya lingkaran pada batang menunjukan.
. . .
a.
lebatnya daun
b.
umur pohon
c.
besarnya batang
d.
banyanya buah
9. Dibawah ini
yang bukan merupakan tumbuhan berkambium adalah. . . .
a. kayu
b. jati
c. pohonya
besar
d. berair
10. Yang melindungi biji dari pengaruh buruk luar
adalah ....
a.
akar c. daun
b.
batang d. Buah
I. Isilah titik-titik di bawah ini
dengan jawaban yang benar!
1.
Fungsi utama batang
bagi tumbuhan. . . .
2.
Pohon pepaya memiliki jenis batang . .
.
3.
Pertumbuhan kambium ke dalam membentuk
. . .
4.
Bagian-bagian batang pada gambar dibawah ini.
. . .
![]() |
5.
Bagian tumbuhan yang akan
menghasilkan tumbuhan baru adalah . . . .
Lampiran 5
KUNCI
JAWABAN
I.
Pilihan
ganda
1. D
2. A
3. B
4. B
5. A
6. A
7. D
8. B
9. D
10.
D
II. Essay
1. Fungsi
batang
-
Sebagai alat penompang tumbuh-tumbuhan
-
Tempat penyimpanan cadangan makanan
-
Alat transportasi tumbuhan
2. Berongga
3. Xylem dan
Floem
4. 1. Kulit
(epidermis)
2.Empulur
3. floem
4. Kambium
5. Xylem


![]() |
PENILAIAN
Percobaan fungsi batang
dinilai dengan daftar periksa. (IPA)




Terlampir
§ EVALUASI
NO
|
NAMA
SISWA
|
NILAI
|
1
|
Anindya
Naila P.
|
70
|
2
|
Bimo
Satrio P.
|
70
|
3
|
Cahya
Ihsan B.
|
60
|
4
|
Ferdi
Endanas A.
|
65
|
5
|
Jevon
Adistya J.
|
60
|
6
|
Madha
Eks P.
|
90
|
7
|
M.
Rafi Burhani
|
70
|
8
|
Putri
Ayu B.
|
75
|
9
|
Salma
Anisa Z.
|
70
|
10
|
Shafa
Tasya S.
|
65
|
11
|
Yasmita
Nabila W.
|
85
|
12
|
Yusuf
Fauzan
|
60
|
§ Penilaian Sikap
NO
|
NAMA
SISWA
|
ASPEK
|
NILAI
|
|||
Rasa Ingin Tahu
|
Kerjasama
|
Tekun
|
Teliti
|
|||
1
|
Anindya
Naila P.
|
√
|
√
|
√
|
-
|
7,5
|
2
|
Bimo
Satrio P.
|
√
|
-
|
√
|
-
|
5
|
3
|
Cahya
Ihsan B.
|
√
|
√
|
-
|
-
|
5
|
4
|
Ferdi
Endanas A.
|
√
|
√
|
-
|
√
|
7,5
|
5
|
Jevon
Adistya J.
|
-
|
-
|
√
|
√
|
5
|
6
|
Madha
Eks P.
|
√
|
√
|
√
|
√
|
10
|
7
|
M.
Rafi Burhani
|
√
|
-
|
√
|
√
|
7,5
|
8
|
Putri
Ayu B.
|
√
|
√
|
-
|
√
|
7,5
|
9
|
Salma
Anisa Z.
|
-
|
√
|
√
|
-
|
5
|
10
|
Shafa
Tasya S.
|
√
|
√
|
√
|
√
|
10
|
11
|
Yasmita
Nabila W.
|
√
|
√
|
√
|
-
|
7,5
|
12
|
Yusuf
Fauzan
|
√
|
-
|
√
|
-
|
5
|

4
Ya
|
ü
|
Tidak
|
-
|
Catatan
:
§ Penilaian Kinerja Percobaan Fungsi Batang
(IPA)
NAMA SISWA
|
ASPEK
|
Nilai
|
|||||||
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
Anindya
Naila P
|
√
|
|
√
|
|
√
|
|
√
|
|
8,75
|
Bimo
Satrio P.
|
√
|
|
√
|
|
√
|
|
|
√
|
8,12
|
Cahya
Ihsan B.
|
√
|
|
|
√
|
|
√
|
√
|
|
8,12
|
Ferdi
Endanas A.
|
|
√
|
√
|
|
√
|
|
√
|
|
9,37
|
Jevon
Adistya J.
|
|
√
|
√
|
|
√
|
|
|
√
|
5,62
|
Madha
Eks P.
|
√
|
|
√
|
|
√
|
|
√
|
|
10
|
M.
Rafi Burhani
|
√
|
|
√
|
|
√
|
|
√
|
|
8,75
|
Putri
Ayu B.
|
√
|
|
√
|
|
√
|
|
√
|
|
8,12
|
Salma
Anisa Z.
|
|
√
|
|
√
|
|
√
|
√
|
|
5
|
Shafa Tasya S.
|
√
|
|
√
|
|
√
|
|
|
√
|
8,75
|
Yasmita Nabila W.
|
√
|
|
√
|
|
√
|
|
|
√
|
6,87
|
Yusuf Fauzan
|
√
|
|
|
√
|
√
|
|
√
|
|
6,25
|

Keterangan
: Ya = 2
![]() |
Tidak = 0
§ Penilaian Sikap Menggali Informasi dari
Teks Pengamatan (Bahasa Indonesia)
No
|
Nama
|
Kriteria
|
|||
Mendengarkan
|
Komunikasi
Non Verbal
|
Partisipasi
|
Nilai
|
||
1
|
Anindya
Naila P
|
BS
|
CB
|
BS
|
8,75
|
2
|
Bimo
Satrio P.
|
CB
|
CB
|
BS
|
8,12
|
3
|
Cahya
Ihsan B.
|
CB
|
CB
|
BS
|
8,12
|
4
|
Ferdi
Endanas A.
|
CB
|
BS
|
BS
|
9,37
|
5
|
Jevon
Adistya J.
|
CB
|
CB
|
PB
|
5,62
|
6
|
Madha
Eks P.
|
BS
|
BS
|
BS
|
10
|
7
|
M.
Rafi Burhani
|
BS
|
CB
|
BS
|
8,75
|
8
|
Putri
Ayu B.
|
CB
|
CB
|
BS
|
8,12
|
9
|
Salma
Anisa Z.
|
PB
|
CB
|
PB
|
5
|
10
|
Shafa Tasya S.
|
BS
|
CB
|
BS
|
8,75
|
11
|
Yasmita Nabila W.
|
CB
|
CB
|
CB
|
6,87
|
12
|
Yusuf Fauzan
|
PB
|
CB
|
CB
|
6,25
|
Keterangan :
Kriteria 1 = -BS (Bagus Sekali) = 2
- CB (Cukup
Bagus) = 1,5
- PB (Perlu
Beratih Lagi) = 1
Kriteria 2 = - BS (Bagus Sekali) = 3
- CB (Cukup
Bagus) = 2
- PB (Perlu
Beratih Lagi) = 1
Kriteria 3 = - BS (Bagus Sekali) = 3
- CB (Cukup
Bagus) = 2
- PB (Perlu
Beratih Lagi) = 1

8
0 komentar: (+add yours?)
Posting Komentar